Langsung ke konten utama

Pramuka sebagai salah satu Pendidikan Non Formal

Gerakan Pramuka Indonesia adalah nama organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan yang dilaksanakan di Indonesia. Kata "Pramuka" merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Orang Muda yang Suka Berkarya.
Pramuka merupakan sebutan bagi anggota Gerakan Pramuka, yang meliputi; Pramuka Siaga (7-10 tahun), Pramuka Penggalang (11-15 tahun), Pramuka Penegak (16-20 tahun) dan Pramuka Pandega (21-25 tahun). Kelompok anggota yang lain yaitu Pembina Pramuka, Andalan Pramuka, Korps Pelatih Pramuka, Pamong Saka Pramuka, Staf Kwartir dan Majelis Pembimbing.     

Kepramukaan adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan, yang sasaran akhirnya pembentukan watak, akhlak, dan budi pekerti luhur. Kepramukaan adalah sistem pendidikan kepanduan yang disesuaikan dengan keadaan, kepentingan, dan perkembangan masyarakat, dan bangsa Indonesia.
Kepramukaan merupakan pendidikan non formal sebagai pelengkap, penambah dan pengganti di sekolah. Apa yang kita dapatkan dalam latihan pramuka belum tentu bisa kita dapatkan di sekolah. Bagaimana belajar untuk menyatu dengan alam, mencintai lingkungan sekitar untuk tetap menjaga dan melindunginya agar tetap lestari.
terkadang keterampilan pramuka belum tentu dapat kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, penanaman sikap disiplin, sopan santun, berani yang ada ketika latihan pramuka berlangsung adalah yang terpenting. Sebab, membiasakan anak sedari dini untuk menjadi disiplin dan memiliki karakter tidaklah mudah. Sedangkan keterampilan masih dapat kita pelajari sekalipun usia sudah tidak lagi muda. Asal semangat dan kemauan untuk belajar masih tetap muda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Layout Majalah Menggunakan Adobe In Design

KELAS PROGRAM DESAIN GRAFIS Membuat Layout Majalah Menggunakan Adobe In Design  Dwi Pawitra sari About Me   Pertemuan ke-4 Sabtu, 04 November 2017 Dimulai pukul 09.00 WIB s.d 10.30 WIB Rencana Pembelajaran Online About the Course: Kuliah online ini akan dilaksanakan pada pertemuan ke-4. Pengganti pertemuan hari Sabtu, 04 November 2017 yang dimulai pukul 09.00 - 10.30 WIB. Proses perkuliahan online ini berlangsung selama 24 jam, dimulai dari hari Rabu, 08 November 2017 pukul 09.00 WIB hingga Kamis, 09 November 2017 pukul 09.00 WIB. Peserta Program (PP) harus membaca dan memahami seluruh panduan pembelajaran online, mulai dari Overview, Session Notes, Reading and Resources, Activities and Assignments. Untuk proses komunikasi kita akan gunakan Email Goup dan dialog terbuka di halaman blog. About the Instructor: Pokok bahasan kursus ini memberikan keterampilan yang akan sangat berguna untuk setiap Peserta Program dalam mengembangkan karirnya di dunia D

Pendewasaan Usia Pernikahan